Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pengambilan Billkey/PIN :  4 September - 15 November 2019
Pembayaran PMB :  4 September - 15 November 2019
Pengisian Formulir Online dan Cetak Kartu Ujian :  4 September - 15 November 2019
Ujian Seleksi : 23 - 24 November 2019
Pengumuman : 24 November 2019

Seleksi/Ujian Mandiri Pasca Sarjana (S2/S3) dan Program Profesi Undip diselenggarakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro.

Tata Cara Mendaftar :

  1. Peserta menyiapkan dokumen ijazah, transkrip dan berkas lain dalam format pdf
  2. Peserta membuat akun menggunakan email KLIK DISINI
  3. Peserta mengisikan data diri dan upload dokumen dalam format pdf
  4. Membayar biaya pendaftaran menggunakan BILLKEY yang diperoleh saat daftar online pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) KLIKDISINI
  5. Peserta melakukan cetak kartu ujian
  6. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan FC ijazah yang dilegalisir/ijazah asli (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian)

Materi Ujian

  1. Tes Potensi Akademik (TPA),
  2. Tes Bahasa Inggris,
  3. Tes Substansi Keilmuan (berupa wawancara/tes tertulis prodi)

Verifikasi/Pengumpulan Berkas Kelengkapan

Pengumpulan berkas pendaftaran dapat dikumpulkan ke Program Studi masing-masing melalui post/paket/datang langsung ke sekretariat Program Studi.

Biaya Pendaftaran

  • Program Doktor Rp. 1.000.000, (Satu Juta Rupiah)

 

  • Lulusan Program studi setingkat Magister (S2) dari lembaga yang terakreditasi, dengan IPK minimal 3 (skala 1-4) dibuktikan dengan transkrip akademik yang dilegalisir
  • Ijazah dan transkrip S1 dan S2 (lulusan LN ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
  • Surat izin dari lembaga/instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja
  • Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (Pribadi/Instansi/Sponsor) diatas kertas bermaterai
  • Menyerahkan proposal riset untuk disertasi minimal 3 halaman, yang mencakup latar belakang, pokok permasalahan yang mau diteliti, dan metode penelitian
  • Rekomendasi dari dosen senior dimana dia pernah studi atau pihak lain yang dapat memberi acuan bagi calon mahasiswa
  • Pasphoto berwarna : 3 x 4 cm ( 4lbr) dan 4 x 6 cm (4 lbr)

 

a. Melalui internet banking bank Mandiri :

  1. Lakukan log in pada aplikasi mandiri online atau akses website di www.bankmandiri.co.id dengan user id dan password mandiri online saudara
  2. Pada menu utama pilih menu BAYAR kemudin pilih menu PENDIDIKAN
  3. Pada field DARI REKENING , pilih rekening saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi
  4. Pada field PENYEDIA JASA pilih UNIVERSITAS DIPONEGORO - 10004
  5. Pada field NIM isi dengan NIM MAHASISWA
  6. Kemudian klik LANJUTKAN, layar akan menampilkan jumlah yang harus di bayar
  7. Kemudian cantumkan tanda (v) di total pembayaran
  8. Jika data telah sesui klik LANJUTKAN
  9. Masukkan PIN Mandiri 6 digit (untuk transaksi via aplikasi) dan PIN Mandiri 6 digit yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik KIRIM
  10. Tunggu respon dari system Mandiri Online untuk status transaksi

b. Melalui internet banking Bank BNI :

  1. Akses ke situs Bank BNI melalui www.bni.co.id. Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User ID dan Password.
    • Pilih Menu TransaksiPembelian/PembayaranPembayaran TagihanBiaya Pendidikan.
  2. Pengisian Data sebagai berikut :
    • Pilih jenis layanan dari dropdown Tipe Layanan. - Pilih nama perguruan tinggi di dropdown Perguruan Tinggi. - Masukkan nomor tagihan yang didapat ke kolom Nomor Tagihan. - Pilih nomor rekening yang akan digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet. - Klik Lanjutkan.
  3. Akan muncul Layar Konfirmasi.
    • Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
  4. Input Nomor Respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI, lalu klik bayar.
  5. Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar Konfirmasi seperti di atas.
  6. Selanjutnya simpan bukti pembayaran dengan memilih format file yang akan di cetak.
  7. Lalu klik icon untuk mengunduh bukti pembayaran atau dengan mencetak halaman dengan meng-klik icon printer seperti gambar di atas.

c. Pembayaran lewat ATM dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

  1. Pilih Menu Bayar /Beli
  2. Pendidikan
  3. Masukkan kode perusahaan UNDIP, yaitu 10004, kemudian tekan benar
  4. Masukan No NIM Mahasiswa
  5. Tekan tombol benar
  6. Layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar, kemudian tekan 1 jika ingin melakukan pembayaran
  7. Untuk melakukan pembayaran tekan Ya, untuk membatalkan pembayaran tekan TIDAK
  8. Transaksi telah selesai. Data pembayaran akan otomatis tercetak pada resi / struk. Harap resi ini dicopy dan disimpan jika diperlukan dikemudian hari.

 

  1. Pilih menu ‘Pembayaran
  2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih ‘Student Payment Center
  3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode
  4. Tekan tombol ‘BENAR’.
  5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.
  6. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
  7. Transaksi telah selesai. Cek selengkapnya untuk pembayaran BNI

Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI’46 / BTN / Mandiri / BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM UNDIP. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank.

Peringatan Penting: Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa melalui teller.

Helpdesk UM UNDIP

Telepon  : 08112-883-688
SMS  : 0812-2561-1333
Whatsapp  : 0812-2561-1333
Faks  : (024) 7460033
e-mail  : um@live.undip.ac.id

 

 

TOP